Penerapan Model Scientific Reading Based Project (SRBP) untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran IPAS Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah Kebumen
Abstract
Dalam era globalisasi abad 21 dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat, siswa harus belajar secara efektif dan menghadapi tantangan global. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam meningkatkan kreativitas pada pembelajaran IPAS pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah Kebumen; (2) meningkatkan kreativitas dengan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam Pembelajaran IPAS pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah Kebumen. Penelitian tindakan kelas kolabratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Muhammadiyah Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penilaian kreativitas siswa. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase penerapan model SRBP terhadap guru siklus I = 78%, siklus II = 87%, dan siklus III = 90% dan terhadap siswa siklus I = 74%, siklus II = 84%, dan siklus III = 91%. Kemudian terjadi peningkatan kreativitas dengan rerata siklus I = 74,90%, siklus II = 84,07%, dan siklus III = 88,35%. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model SRBP dapat meningkatkan kreativitas pada pembelajaran IPAS pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah Kebumen.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.