Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar IPAS tentang Kebutuhan Manusia pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Roworejo Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif Talking Chips, (2) meningkatkan keterampilan komunikasi, dan (3) meningkatkan hasil belajar IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru dan siswa kelasIV. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penerapan model kooperatif tipe talking Chips dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPAS dengan menerapkan langkah-langkah berikut: (1) membentuk siswa menjadi kelompok kecil, (2) membagikan benda kecil berupa kancing, (3) proses belajar dan diskusi kelompok, (4) presentasi kelompok, (5) evaluasi. Rata-rata hasil observasi keterampilan komunikasi setiap siklusnya yaitu hasil observasi siklus I sebesar 74,35%, siklus II sebesar 83,61%, siklus III sebesar 91,66%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65 %, siklus II sebesar 85%, dan siklus III sebesar 95%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Talking Chips dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar pada siswa kelas IVB SD IVB SD Negeri Roworejo tahun ajaran 2023/ 2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.