Analisis Penggunaan Teknologi Musik pada Pengembangan Kegiatan Musik Siswa Tunanetra (Analisis Studi Kasus Kompetensi Guru)

Manggalagita Teofilus Seisoria, Ediyanto Ediyanto, Umi Safiul Ummah

Abstract

Tunanetra memiliki kesempatan untuk mempelajari penggunaan teknologi yang kompatibel dengan software pembaca layar misalnya mempelajari music programming dan music arranging, namun peluang tersebut belum terjangkau oleh lingkungan pendidikan secara menyeluruh sebagai pilihan pengembangan keterampilan tunanetra. Sehubungan dengan hal tersebut maka, kajian ini akan mengeksplorasi mengenai pemanfaatan teknologi musik berdasarkan penelitian – penelitian yang telah dilakukan selama lima tahun terakhir pada 14 artikel dengan Bahasa Indonesia analisis bibliometric dengan perspektif tujuan pendidikan bermutu atau berkualitas pada konsep Sustainable Development Goals (SDGs) dilakukan dengan prosedur yaitu pengumpulan data, pemeriksaan ulang berdsarkan langkah – langkah bibliometrik. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dengan sumber data Google Scholar yang dihimpun dalam Publish or Perish (PoP). Berdasarkan hasil analisis, teridentifikasi bahwa penelitian penggunaan teknologi musik untuk tunanetra dalam perspektif pendidikan bermutu berfokus pada ketersediaan program pelatihan dan sarana dalam hal meningkatkan keterampilan khusus profesi. Hasil penelitian juga memberikan kerangka kerja untuk literatur mengenai pelatihan musik dan pembangunan berkelanjutan untuk mengembangan sumber daya berkebutuhan khusus.

Keywords

Music for Blind; Music Training Programme; Music and Technology

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.