Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN Kaliwatu Tahun 2024
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL berbantuan multimedia, meningkatkan karakter, meningkatkan hasil belajar, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kaliwatu. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan karakter dengan model PBL berbantuan multimedia yaitu rata-rata persentase siklus I=72,08%, siklus II= 84,17%, dan siklus III=91,67%. Peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan siklus I= 68,75%, siklus II=84,37%, dan siklus III=100%. Hambatan yang terjadi yaitu beberapa siswa belum aktif menjawab pertanyaan guru dan solusinya guru memotivasi siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan multimedia dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kaliwatu tahun 2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.