Pengaruh Metode Samiyah Syafawiyah terhadap Keterampilan Menulis Insya’ Bahasa Arab di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Darussalam Sidoarjo.

Muhammad Ihsan Jihady, Najih Anwar

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Metode Samiyah Syafawiyah terhadap kemampuan menulis Insya' Bahasa Arab di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Darussalam Sidoarjo. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design, data dikumpulkan dari 21 santri sebelum dan setelah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis Insya', dengan rata-rata posttest yang lebih tinggi dari pretest (69.76 vs 59.05). Uji statistik Paired Sample T Test menunjukkan nilai signifikansi yang rendah (0.000 < 0.05), mengindikasikan adanya hubungan antara penggunaan metode tersebut dan peningkatan kemampuan menulis. Kesimpulannya, Metode Samiyah Syafawiyah efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis Insya' Bahasa Arab di lingkungan pendidikan Pondok Pesantren.

 

Keywords

Metode Samiyah Syafawiyah, Kemampuan menulis Insya’, Bahasa Arab, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References

M. Syafi’i and M. T. Aziz, “Penerapan Metode Audiolingual Dalam Pembalajaran Insya’ Di Madrasah Diniyah Takmiliyyah Roudlotul Muta’allimin,” J. Ilmu Pendidik. Islam, vol. 20, no. 1, pp. 1–15, 2022, doi: doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3935. M. A. Mustofa, “Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0,” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 4, no. 2, p. 333, 2020, doi: 10.29240/jba.v4i2.1805. M. Afroni, “Metode Sam’iyah Syafawiyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2019, doi: doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3935. P. Hardiyanti, “Mafhum Maharah Qiraah Dan Maharah Kitabah,” Islam. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 1–5, 2022, doi: 10.57251/ie.v2i2.376. R. Linur and M. R. Mubarak, “Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah,” Naskhi J. Kaji. Pendidik. dan Bhs. Arab, vol. 2, no. 1, pp. 8–18, 2020, doi: https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.154. K. Khoiri, “Implementasi Tahapan Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah,” J. Nas. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2022, doi: https://doi.org/10.47902/religius.v5i1.625. A. Rathomi, “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Tarbiya Islam. J. Kegur. dan Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2020. S. Prihantoro, “Analisis Kesalahan Bahasa Pada Taksonomi Linguistik Dalam Penulisan Insya’,” al Mahāra J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 5, no. 1, pp. 41–62, 2019, doi: 10.14421/almahara.2019.051-03. M. P. Suci, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun,” El-Jaudah J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 1, no. 2, pp. 59–68, 2020, doi: 10.56874/faf.v1i2.134. M. Ni’mah, E. K. Farid, and S. Ma’arif, “Creating Language Environment at Al-Mashduqiah Islamic Education Center Patokan Kraksaan Probolinggo,” Alsuna J. Arab. English Lang., vol. 3, no. 1, pp. 187–196, 2020, doi: 10.31538/alsuna.v3i2.985. E. K. Farid and A. Rodhiyah, “Istirotijiyah Ta’lim al-Insya’ fiy Markaz Tabahhur al-Lughah al ’Arabiyah bi Ma’had Darul Lughah wal Karomah Karaksaan Probolinggo Indonesia,” Mantiqu Tayr J. Arab. Lang., vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.25217/mantiqutayr.v2i2.2370. E. Susanti, “Efektivitas Pembelajaran Insya’ Muwajjah untuk Meningkatkan Maharotul Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 8 Muaro Jambi,” Ad-Dhuha J. Pendidik. Bhs. Arab dan Budaya Islam, vol. 3, no. 1, pp. 80–91, 2022. Ahmadi and A. M. Ilmiani, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. 2020. Sardiyanah, “Pendekatan Dan Metode Audio Lingual (Analisis Metode Sam’iyah Safawiyah),” J. Kaji. Pendidik. dan Bhs. Arab, vol. Vol. 1, no. No.1, p. Hlm. 14-20, 2019. Huzaidah and Fatmawati, “PENGARUH PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SISWA MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG,” Al-Maraji’ J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 1, no. 2, pp. 1–14, 2017, doi: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i2.3633. D. Amelia and D. D. Basuki, “Efektifitas Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Dialog Pada Siswa Kelas 3 SD Di Kota Karawang,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 10, pp. 17309–17319, 2022, doi: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.13062. A. Achoita, “Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya,” Tadris J. Penelit. dan Pemikir. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 2, pp. 19–32, 2019, doi: https://doi.org/10.51675/jt.v12i2.20. C. Aini, “At-Thariqatus Samiyah Syafawiyah Fii Tarqiyati Mahartil Istima’ wal Kalam,” IJ-ATL Int. J. Arab. Teach. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 50–60, 2020, doi: 10.33650/ijatl.v3i2.1058. D. D. Unaradjan, Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=DEugDwAAQBAJ M. Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan (UA Kurniati (ed.). PT. Prestasi Pustakaraya, 2016. M. B. U. B. Arifin and Aunillah, Buku Ajar Statistik Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2021. [Online]. Available: https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-33-4 A. Prasetyo, Pengembangan Media Pembelajaran: Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning. Yogi Agung Prasetyo, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=uirRDwAAQBAJ

Refbacks

  • There are currently no refbacks.