Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar: Studi Kasus Kualitatif

Umalihayati Umalihayati, Syarifah Aini, Halimatus Sa'diyah, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Lili Fajrudin, Vivit Nurhikmah Havita, Ardaneswari Putri Cahyaningsih, Dwi Ramadhani, Siti Mawaddah Luthfiah, Nadila Aulia Sopianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kesulitan belajar Bahasa Indonesia dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV di Sekolah Dasar melalui pendekatan studi kasus kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif studi kasus memberikan pemahaman mendalam tentang konteks tertentu melalui pendekatan deskriptif yang detail dan kontekstual. Teknik pengumpulan data dalam studi ini dapat mencakup wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen untuk memperoleh perspektif yang komprehensif. Selanjutnya, teknik analisis data dalam penelitian kualitatif studi kasus melibatkan proses pemahaman mendalam, pengkodean tematik, dan pembangunan naratif untuk menggali makna dan pola yang tersembunyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (a)kesulitan belajar menulis masih belum tampak karena kurangnya latihan pada sistem motorik halusnya, (b)kesulitan belajar visual penglihatan masih belum tampak dikarenakan faktor menonton TV terlalu dekat, (c)jenis kesulitan membaca dipengaruhi oleh siswa tidak dapat memahami isi bacaan, (d)jenis kesulitan belajar auditori yang di pengaruhi oleh gangguan bising dari luar atau kelas sebelahnya yang mempengaruhi aktivitas belajar. Rekomendasi intervensi yang diperoleh dari penelitian ini mencakup pengembangan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan dukungan yang diperlukan dari guru, orang tua, dan lingkungan belajar, lebih lanjut penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman lanjut mengenai kesulitan belajar Bahasa Indonesia sekaligus menjadi landasan bagi pengembangan program pembelajaran yang responsif dan mendukung bagi siswa dalam menghadapi tantangan ini.

Keywords

Jenis kesulitan belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.