Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV di SDN Gugus I Kota Bengkulu
Abstract
Strategi pedagogi yang dikenal sebagai pembelajaran terdiferensiasi membuat penyesuaian terhadap materi pengajaran dan pengajaran yang berpusat pada siswa berdasarkan kekuatan, keterbatasan, minat, serta pengetahuan dan keterampilan unik setiap orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran Kurikulum Merdeka yang berbeda mempengaruhi siswa kelas IV SDN Gugus I Kota Bengkulu ditinjau dari kemampuannya dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, kerangka eksperimen semu, serta desain dan analisis. Hanya Untuk Kontrol Pencocokan Pretest Posttest, Gunakan Desain Groupup. Siswa kelas IV SDN Gugus I Kota Bengkulu dijadikan sebagai subjek penelitian. Siswa kelas IVB SDN 01 dan IVA SDN 07 Kota Bengkulu dijadikan sampel penelitian. Cluster random sampling digunakan dalam pendekatan pengambilan sampel ini. Serangkaian pertanyaan deskriptif yang diberikan sebelum dan sesudah tes berfungsi sebagai alat penelitian penelitian. Setelah perolehan data, dilakukan proses statistik sebagai berikut: analisis uji prasyarat, statistik deskriptif, dan pengujian hipotesis uji t Sampel Independen. Penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (4,298) lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (2,002) pada taraf signifikansi 5%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran yang berbeda berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah karena Ha diterima dan H0 ditolak
Keywords
Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.