Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipas Siswa Kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu

Lidia Puspita Sari, Dalifa Dalifa, Neza Agusdianita, Feri Noperman, Yusnia Yusnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri gugus XIV Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah SDN Gugus XIV Kota Bengkulu, dengan sampel penelitian siswa kelas IV A SDN 42 Kota Bengkulu dan siswa kelas IV B SDN 45 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa pretest dan posttest dalam bentuk soal uraian sebanyak 6 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (4,097 > 1,680) dan nilai sig. (2-tailed) adalah  0,000 < 0,05 , artinya Ha diterima. Nilai signifikansi uji-t tersebut membuktikan hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Literasi Sains pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.