Penerapan Strategi Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II
Abstract
Penelitian ini merupakan penilitan tidakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan metode menulis terbimbing dengan media flash card pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen, (2) mendeskripsikan ke efektifan penggunaan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung siswa pada siklus I = 64,84%, siklus II = 76,59%, dan siklus III = 85,59%. (2) penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard efektif meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa (3) kendala yang terjadi yaitu dalam melakukan bimbingan guru membutuhkan waktu yang lama karena jumlah siswa yang tergolong tidak sedikit. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.