Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Rupa tentang Tekstur pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL), meningkatkan kreativitas siswa, dan mendeskripsikan dampak pengiring penerapan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo yang berjumlah 24 siswa (8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan). Data yang dianalisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (rubrik penilaian kreativitas) dan nontes (observasi, wawancara, dan dokumen). Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kreativitas siswa pada siklus I sebesar 78,78%, siklus II sebesar 85,29%, dan siklus III sebesar 90,36%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran Seni Rupa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
project based learning, kreativitas, seni rupa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.