Pengaruh Penggunaan Mading Terhadap Minat Baca dan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV SDN Kepanjen 2 Jombang

Firda Dwi Lestari, Claudya Zahrani Susilo

Abstract

Masalah dalam pendidikan saat ini adalah tingkat literasi di Indonesia yang masih tergolong rendah hal itu di nyatakan dari hasil analisis UNESCO literasi di Indonesia masih 0,001%, sehingga perlu adanya upaya-upaya peningkatan yang harus di lakukan untuk meningkatkan literasi di Indonesia. Di SDN Kepanjen 2 Jombang telah mengupayakan dengan berbagai kegiatan penunjang untuk meningkatkan literasi, terutama pada konteks minat baca dan kreativitas peserta didik, kegiatan di mulai dari pojok baca, membaca 15 menit dll, serta adanya fasilitas penunjang seperti adanya perpustakaan dan yang baru di gagas yaitu adanya program mading kelas, dengan adanya mading akan dapat membantu meningkatkan minat baca dan kreativitas peserta didik. Pada penelitian pengaruh penggunaan mading terhadap minat baca dan kreativitas di ambil di kelas IV sebanyak 28 peserta didik dengan menggunakan angket. Metode pada penelitian menggunakan kuantitatif jenis ex post facto analisis manova. Data di pindah pada platfrom spss 25. Data yang di hasilkan bersifat valid dan normal sehingga dapat di distribusikan. kemudian dilakukan data dapat uji menggunakan analisis multivariate. Signifikasi yang di hasilkan di katakan berpengaruh jika nilai sig kurang dari 0,05. Dan pada penelitian ini menghasilkan sig sebesar 0,002 yang bearti memiliki pengaruh. pengaruh yang di dapat cukup baik pada penggunaan mading terhadap minat baca dan kreativitas peserta didik.

Keywords

Mading, minat baca, kreativitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.