Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tridadi

Nurhayati Nurhayati, Nur Ngazizah, Titi Anjarini

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan melalui 4 tahapanĀ  yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VSD Negeri Tridadi yang berjumlah 24. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitaif. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik SDN Tridadi. Hal ini dibuktikan dengan persentase motivasi pada siklus I sebesar 55,15%, dan persentase hasil belajar sebesar 12,5%. Pada aspek motivasi belajar peserta didik meningkat yakni dari 55,15% menjadi 73,2%, dan ketuntasan hasil belajar IPA meningkat dari 12,5% menjadi 41,6%. Pada siklus II, kualitas pembelajaran mendapat rata-rata 33,92 dengan kategori baik. Pada aspek motivasi belajar meningkat dari 73,2% menjadi 92,18%, dan ketuntasan hasil belajar IPA meningkat dari 41,6% menjadi 87,5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SD N Tridadi.

Keywords

Pendekatan Keterampilan Proses; Motivasi; Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.