Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia dalam Peningkatan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Karangsari Tahun Ajaran 2023/ 2024

Ulfiana Ulfiana, Moh Salimi, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari. Jumlah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari yaitu 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada mata pelakaran IPAS siswa kelas IV melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,22%, siklus II sebesar 83,13%, dan siklus III sebesar 91,30% dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/ 2024.

Keywords

Problem Based Learning, multimedia, learning outcomes, social and natural science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.