Implementasi Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Kepribadian Holistik Peserta Didik Melalui Kearifan Lokal Noken Papua

Yery Layuk, Ewendi Mangolo, Indah Slamet Budiarti

Abstract

Pendidikan karakter peserta didik dapat melalui kearifan lokal. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui mata pelajaran PKN menggunakan kearifan lokal noken Papua. Metode yang digunakan yaitu kualitatif. Sampel penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas sekolah, guru kelas IV dan 2 orang peserta didik di SDN Sentra Pendidikan Kab. Mimika. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan menggunakan langkah-langkah data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah sudah berupaya mengimplementasikan pendidikan karakter lewat pembiasaan-pembiasaan, melalui kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat peserta didik serta peran aktif guru dalam membimbing dan mendidik peserta. Diperoleh kesimpulkan bahwa ada perubahan karakter dalam kehidupan sehari-hari walaupun belum seluruhnya, dan keterlibatan dinas pendidikan dalam pengelolaan sekolah dan juga kepala sekolah yang sangat aktif menjadi faktor pendukung utama.

   

Keywords

Pendidikan Karakter, Holistik, Kearifan Lokal, Noken Papua

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.