Nilai Pendidikan Karakter dalam Tembang Kinanthi, Sinom, dan Girisa pada Serat Wulangreh

Aris Wuryantoro, Rosita Ambarwati, Samsul Arifin

Abstract

Serat Wulangreh merupakan salah satu karya fenomenal dari Sri Susuhunan Pakubuwana IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai pendidikan karakter pada tembang Kinanthi, Sinom dan Girisa dalam Serat Wulangreh, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sampel penelitian diambil masing-masing 5 gatra dari tembang Kinanthi, Sinom, dan Girisa dengan teknik purposive sampling, data dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tembang Kinanthi, Sinom dan Girisa dalam Serat Wulangreh banyak mengandung nilai pendidikan karakter, antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter dari ke tiga tembang tersebut didominasi oleh nilai menghargai prestasi. Peneliti menyimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter selaras dengan karakter atau sifat dari tiga tembang tersebut.

Keywords

Keywords: character education, Kinanthi, Sinom, Girisa, Serat Wulangreh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.