Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Kepribadian Guru terhadap Karakter Siswa

Astuti Prasetyaningsih, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Muhammad Husni

Abstract

Membentuk karakter siswa merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orang tua dan kepribadian guru terhadap karakter siswa kelas III SD se-Gugus Kartini Kecamatan Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah 191 siswa dengan sampel 129 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat, analisis regresi dan perhitungan koefisien korelasi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua terhadap karakter siswa dengan persamaan regresi Y = 25,572 + 0,760X. Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap karakter siswa sebesar 44,8%. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepribadian guru terhadap karakter siswa dengan persamaan regresi Y = 27,150 + 0,708X. Pengaruh kepribadian guru terhadap karakter siswa sebesar 53,1%.  (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dan kepribadian guru terhadap karakter siswa dengan persamaan regresi Y = 16,816 + 0,327X1+0,501X2. Pengaruh pola asuh demokratis orang tua dan kepribadian guru secara bersama-sama terhadap karakter siswa sebesar 56,9%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari ketiga variabel penelitian yaitu pola asuh demokratis orang tua, kepribadian guru, dan karakter siswa.

Keywords

pola asuh demokratis orang tua, kepribadian guru, karakter siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.