Rekonseptualisasi Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar Berdasarkan Nilai Pendidikan di Finlandia Menurut Ratih Dwi Adiputri

Krisna Wijaya, Samsirin Samsirin

Abstract

Finlandia merupakan salah satu negara yang dianggap memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, terutama dalam sistem pendidikan dasarnya. Dalam penelitian ini, fokus masalah yang dibahas peneliti adalah stigma pembelajaran PAI di SD yang membosankan karena suka menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan ulang pembelajaran PAI yang ideal berdasarkan nilai-nilai pendidikan di Finlandia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian systematic literature review untuk menganalisis pembahasan di dalamnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model pembelajaran sekolah dasar di Finlandia, menurut Ratih Dwi Adiputri, dapat dipetakan menjadi tiga prinsip fokus utama, yaitu prinsip kesejahteraan anak, prinsip hubungan antara siswa dan guru, dan prinsip kebebasan bagi siswa. Ketiga hal tersebut merupakan prinsip pendidikan di Finlandia, menekankan kebahagiaan siswa sebagai prinsip utama dalam menjalankan proses pembelajaran. Ketika belajar membuat siswa senang, otomatis siswa akan menyukai proses belajar itu sendiri

Keywords

Finlandia, PAI learning, Ratih D. Adiputri, Reconceptualization, Happiness Education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.