Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 01 Rejosari Temanggung

Syihab Buddin, Naniek Sulistya Wardani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) apakah peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas 3 SDN 01 Rejosari Temanggung dapat diupayakan melalui discovery learning b) bagaimana langkah-langkah discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model Penelitian tindakan kelas menggunakan desain kemmis & Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian ini terbukti, Pada perbandingan hasil belajar berdasarkan persentase ketuntasan siklus I dan siklus II yaitu 40% : 90%. Hasil belajar berdasarkan skor minimal siklus I dan siklus II sebesar 40 : 70. Hasil belajar berdasarkan skor maksimal siklus I dan siklus II sebesar 90 : 100. Hasil belajar berdasarkan skor rata-rata dari siklus I dan siklus II yaitu 70,00 : 91,00. Penelitian berhasil, yang ditunjukan besarnya persentase siswa yang mencapai hasil belajar dikatakan tuntas dengan KKM = 80

Keywords

Hasil belajar, Discovery Learning, Tematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.