Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas III SDN 1 Kebumen

Tunjung Darmastuti, Moh. Salimi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model PBL) (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah melalui penerapan model PBL, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) langkah model PBL yaitu orientasi pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil penyelidikan, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah; (2) hasil belajar siswa meningkat, yaitu siklus I = 70,97%, siklus II = 88,71%, dan siklus III = 93,55%; (3) kendala yang ditemui yaitu siswa kurang memperhatikan setiap arahan guru pada saat pembelajaran, kurang tertib pada saat pembentukan kelompok belajar, kurang aktif dalam kegiatan diskusi. Hal ini disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Learning Outcomes, Mathematics

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.