Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran SBdP Materi Seni Rupa pada Siswa Kelas V
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran SBdP, mendeskripsikan kendala dan solusi dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa kelas V SDN 1 Ketenger. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran SBdP materi seni rupa daerah. Persentase hasil belajar siklus I 75%, siklus II 90,62%, dan siklus III 100%. Persentase pada aspek keterampilan siklus I 90,63%, siklus II 94,79%, dan siklus III 95,83%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.