Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Ambalkumolo Tahun Ajaran 2021/2022

Akhmad Darobi, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Ambalkumolo. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan menggunakan observasi., wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Persentase proses belajar siklus I 68,91%, siklus ii meningkat menjadi 83,20%, dan siklus III meningkat menjadi 87,00%. Persentase hasil belajar siswa siklus I sebesar sebesar 68,50%, siklus II meningkat menjadi 79,63%, dan siklus III meningkat menjadi 88,89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Ambalkumolo tahun ajaran 2021/ 2022.

Keywords

Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.