Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Kartu Berwarna untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023

Rafika Puji Hapsari, Ngatman Ngatman, Suhartono Suhartono

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu instrument utama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), karena pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model talking stick dengan media kartu berwarna dalam peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas III SDN 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa melalui penerapan model talking stick dengan media kartu berwarna pada siswa kelas III SDN 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model talking stick dengan media kartu berwarna dalam peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas III SDN 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick dengan media kartu berwarna dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, Siklus I dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 71,43%, siklus II sebesar 78,57%, dan siklus sebesar  89,29%. Rata-rata nilai siswa siklus I pertemuan 1= 77,89 dan pertemuan 2=79,58. Siklus II pertemuan 1= 80,39 dan pertemuan 2= 83,53. Siklus III= 85,87.

Keywords

keterampilan menulis, talking stick, aksara Jawa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.