Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran PPKN Tentang Lambang Negara Garuda Pancasila Pada Siswa Kelas III SDN 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023

Rizki Setiawan, Suhartono Suhartono, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 guru diharuskan kreatif dalam aspek pembelajaran maupun aspek kehidupan. Untuk itu, diperlukan kreativitas dalam dunia pendidikan agar menghasilkan generasi penerus bangsa unggul. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas III; (2) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas III; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Project Based Learning dalam peningkatan kreativitas siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas III. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan persentase kreativitas siswa dengan aspek fleksibilitas, originalitas, elaborasi, dan fluensi pada siklus I = 63,64%, siklus II = 79,375%, dan siklus III = 85,51%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model Project Based Learning dengan media kartu gambar dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas III SD N 2 Sidomukti tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

kreativitas, project based learning, pelajaran PPKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.