Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Papercraft untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Dekoratif pada Siswa Kelas III SD

Evariantie Kusumawardhany, Tri Saptuti Susiani, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media papercraft pada materi gambar dekoratif di kelas III SDN Kutosari (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menggambar dekoratif siswa melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media papercraft (3) mendeskripsikan dampak pengiring dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media papercraft untuk meningkatkan kemampuan menggambar motif dekoratif pada siswa kelas III SDN Kutosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III SDN 4 Kutosari. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian hasil, dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model CTL dengan media papercraft oleh guru dan siswa mengalami peningkatan, (2) penerapan model CTL dengan media papercraft dapat meningkatkan kemampuan menggambar dekoratif siswa kelas III SDN 4 Kutosari, (3) dampak pengiring dari penerapan model CTL dengan media papercraft terhadap pembelajaran SBdP sangat baik

Keywords

Contextual Teaching and Learning (CTL), media Papercraft, Kemampuan Menggambar Dekoratif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.