Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Kracak Tahun Ajaran 2022/2023

Muthiah Salma, Tri Saptuti Susiani, Ngatman Ngatman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Kracak yang berjumlah 21 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Persentase hasil belajar Matematika materi pecahan siswa pada siklus I=73,77%, pada siklus II=83,33%, dan pada siklus III=90,48%.

Keywords

Teams Games Tournament (TGT), learning outcomes, mathematics

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.