Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SDN 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023

Idarotun Musyarofah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PowerPoint interaktif, (2) meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa dalam kehidupan, (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PowerPoint interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SDN 2 Kebadongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah model problem based learning berbantuan media PowePoint interaktif yaitu: orientasi siswa pada masalah melalui tampilan media PowerPoint, pengorganisasian siswa untuk belajar, penyelidikan oleh individu maupun kelompok, pengembangan dan penyajian hasil karya, analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah melalui tampilan media PowerPoint.; (2) hasil belajar IPS meningkat tiap siklusnya; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu suasana kelas yang kurang kondusif, dan juga siswa kurang aktif, sehingga solusinya yaitu memberi motivasi kepada siswa serta memberikan stimulus. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PowerPoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kebadongan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.