Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda pada Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, meningkatkan keterampilan proses IPA, meningkatkan hasil belajar IPA. Keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa dapat meningkat karena guru telah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan langkah-langkah model Problem Based Learning orientasi masalah,pengorganisasian belajar, pembimbingan siswa, menyajikan hasil kerja atau diskusi, analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah dengan baik dan dengan memberikan solusi dari kendala-kendala yang mengganggu proses pembelajaran sehingga siswa dapat fokus belajar dan keterampilan proses serta hasil belajar siswa dapat meningkat. Desan penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Benerkulon. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses IPA dan hasil belajar IPA dengan model Problem Based Learning. Ketuntasan keterampilan proses IPA siklus I 87,49%, siklus II 89,16%, dan siklus III 93,33%. Ketuntasan hasil belajar siklus I 85%, siklus II 87,5%, dan siklus III 95%. Kendala yang ditemui yaitu terdapat sedikit siswa yang masih belum berani mengemukakan pendapat dan pasif dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Poblem Based Learning dapat meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa kelas VA SDN Benerkulon tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.