Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda Akibat Kalor pada Siswa Kelas V

Lu'lu' Annisa Salsabila, Ngatman Ngatman, Muhamad Chamdani

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan PjBL dalam pembelajaran IPA dan untuk meningkatkan hasil  belajar IPA materi perubahan wujud benda akibat kalor. Penelitian Tindakan Kelas  dengan menerapkan PjBL dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Pagedangan yang berjumlah 32 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model PjBL dilakukan dengan memberikan pertanyaan mendasar, menyusun rencana proyek, menyampaikan petunjuk dalam menyusun percobaan, menyusun jadwal, monitoring, dan menguji hasil, (2) penerapan model PjBL dapat meningkatkan hal belajar siswa dibuktikan dengan persentase ketuntasan pada siklus=73,44%, siklus II=84,38%, dan siklus III=90,62%.

Keywords

Project based learning, learning outcomes, heat changes objects

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.