Penerapan Model Talking Stick dengan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan pada Siswa Kelas V

Mita Eka Amalia Agustin, Ngatman Ngatman, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian yaitu: 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model  Talking Stick dengan media mind mapping dan 2) meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan melalui penerapan model Talking Stick  dengan media mind mapping. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Klapasawit yang berjumlah 36 siswa. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumen, serta tes evaluasi secara tertulis. Hasil belajar kognitif IPS materi Poklamasi Kemerdekaan meningkatkan tiap siklusnya, pada siklus I = 78,51%, siklus II = 86,09%, dan siklus III = 93,41%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Klapasawit tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Keywords: Talking Stick, mind mapping, social science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.