Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar Kelas III SD
Abstract
Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar melalui permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret, meningkatkan hasil belajar, serta mendeskripsikan kendala dan solusi saat pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas kolaboratif di SD Negeri 1 Adikarso pada kelas III dengan siswa sebanyak 27 orang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 1 Adikarso. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Persentase penilaian hasil belajar siklus I = 75,92%, siklus II = 83,33%, siklus III = 92,59%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.