Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Nining Setianingsih, Muhamad Chamdani, Moh Salimi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan pada siswa kelas V melalui penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media flashcard. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SDN 4 Pandansari. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan dengan persentase siswa tuntas pada setiap siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai indikator kinerja penelitian karena guru masih belum baik dalam menerapkan model kooperatif tipe STAD dengan media flashcard. Pada siklus II dan III hasil belajar siswa telah mencapai indikator kinerja penelitian karena guru dalam menerapkan model kooperatif tipe STAD sudah lebih baik dari siklus I. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan.
 

Keywords

Student Team Achievement Divisin (STAD), flashcard, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.