Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran SBdP Materi Gambar Dekoratif Kelas III SD

Hasto Utomo, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang sangat memerlukan generasi muda yang kreatif sehingga dapat berkontribusi dalam segi pendidikan berupa ilmu pengetahuan, kebudayaan, maupun teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat umum. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran SBdP materi gambar dekoratif kelas III SDN 1 Bumurejo tahun ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran SBdP materi gambar dekoratif kelas III SDN 1 Bumurejo tahun ajaran 2022/2023; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran SBdP materi gambar dekoratif kelas III SDN 1 Bumirejo tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan persentase kreativitas siswa pada siklus I = 62,87%, siklus II = 78,12%, dan siklus III = 85,50% yang berarti model Discovery Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran SBdP materi gambar dekoratif kelas III SD.

 

Keywords

kreativitas, discovery learning, gambar dekoratif

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.