Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V

Herra Safari Putri Apriliana, Rokhmaniyah Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif. Populasi penelitian ini berjumlah 523 siswa dengan jumlah sampel 247 siswa kelas V se-Kecamatan Tambak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi (KP), dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,595 > ttabel 1,969. Sumbangan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V sebesar 19,1% dan sisanya 80,9% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak tahun ajaran 2022/2023, yang menunjukkan semakin tinggi kecerdasan interpersonal, maka semakin meningkat pula prestasi belajarnya.


 

Keywords

kecerdasan interpersonal, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.