Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas VB SD Negeri 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023

Laela Nugraheni, Ngatman Ngatman, Muhamad Chamdani

Abstract

Penerapan model dan media pembelajaran yang tepat akan membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah model Discovery Learning dengan media konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret,. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas kolaboratif di SD Negeri 5 Panjer pada kelas VB dengan siswa sebanyak 24 orang. Data pada penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan nilai hasil belajar dengan sumber data dari siswa dan guru kelas VB serta teman sejawat. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, wawancara, dan soal evaluasi. Tenik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret. Rata-rata persentase hasil belajar pada siklus I = 81,25%, siklus II = 89,59%, dan siklus III = 91,67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023.

 

Keywords

Discovery Learning, media konkret, IPA

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.