Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruag di Kelas V SD Negeri Bonosari Tahun Ajaran 2020/2021

Rizki Setiorini, Muhamad Chamdani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis jenis kesalahan siswa kelas V SD dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan objek siswa kelas V SD yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan dan presentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang antara lain: reading error = 5%, comprehension error= 2.2%, transformation error = 16.7%, process skill error = 38.3%, encoding error = 15.6%. Simpulan penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang di kelas V SD Negeri Bonosari tahun ajaran 2020/2021 diklasifikasikan dalam 5 jenis kesalahan, yakni: reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan encoding error.

 

Keywords

analisis, kesalahan siswa, soal cerita matematika

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.