Penerapan Model Round Table Berbantuan Media Flannel Board dalam Pembelajaran Bahasa Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar

Ristanti Ristanti, Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dan menguraikan respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model round table dengan media flannel board. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian dalam penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 3 Kedungsari. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggunakan tes unjuk kerja keterampilan menulis aksara Jawa menunjukkan bahwa, siswa telah mampu untuk menuliskan kalimat menggunakan aksara Jawa dengan cepat, jelas, tepat dan rapi sesuai dengan aturan penulisan aksara Jawa.  Respon siswa dalam penerapan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board menunjukkan peningkatan respon positif meliputi perasaan senang, antusias, dan percaya diri saat pembelajaran. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model round table dapat meningkatkan katerampilan menulis aksara Jawa dan respon positif siswa saat pembelajaran menulis aksara Jawa.

 

Keywords

keterampilan menulis, model round table, media flannel board, respon siswa

Full Text:

PDF

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.