Penerapan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Jemur Tahun Ajaran 2022/2023

Nur Widia Ningsih, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode show and tell, meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode show and tell. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Jemur yang berjumlah 22 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang dianalisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilaian keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siklus I sebesar 63,64%, siklus II sebesar 79,55%, dan siklus III sebesar 86,36%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Kesimpulan penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan berbicara melalui penerapan metode show and tell mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Jemur tahun ajaran 2022/2023.

 

Keywords

metode show and tell, keterampilan berbicara, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.