Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn tentang Hak dan Kewajiban pada Siswa Kelas III

Hana' Fadiyah, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah Problem Based Learning dengan media Lectora Inspire, meningkatkan hasil belajar PPKn, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIIB SD Negeri 2 Kebulusan sebanyak 18 siswa. Data yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melelui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar pada siklus I = 78,05%, siklus II = 86,11%, dan siklus III = 88,89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan media Lectora Inspire dapat meningkatkan hasil belajar PPKn tentang hak dan kewajiban pada siswa kelas IIIB SD Negeri 2 Kebulusan.

 

Keywords

problem based learning, lectora inspire, hasil belajar PPKn.

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.