Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Penjajahan dan Pertahanan Kedaulatan Bangsa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangjengkol 02 Tahun Ajaran 2022/2023

Vida Tri Septyandani, Muhamad Chamdani, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Group Investigation; (2) meningkatkan hasil belajar IPS; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model group investigation diterapkan dengan langkah: membentuk kelompok, mengidentifikasi topik, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi; (2) hasil belajar IPS siswa meningkat secara signifikan; dan (3) kendala yang ditemui yaitu siswa belum memanfaatkan sumber yang ada. Adapun solusi yaitu guru membimbing siswa dalam memanfaatkan berbagai sumber buku yang ada. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V.

 

Keywords

Group Investigation, Hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.