Penerapan Pendekatan Neurosains Berbantuan Media “Kuba-Kusa” Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri Kradegan Tahun Ajaran 2022/2023

Intan Diennanti, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan neurosains berbantuan media kuba-kusa; meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V; serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Krandegan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilaian menunjukkan peningkatan pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan neurosains berbantuan media kuba-kusa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I = 74,19%, siklus II = 82,26%, dan siklus III = 90,33%. Kendala yang ditemui yaitu siswa kurang aktif dan kurang percaya diri dalam pembelajaran. Hal ini disimpulkan bahwa penerapan pendekatan neurosains berbantuan media kuba-kusa dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Krandegan tahun ajaran 2022/2023. 

Keywords

Neuroscience, cuboid media, mathematics

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.