Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif

Innestasia Hastawan, Kartika Chrysti Suryandari, Ngatman Ngatman

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menekankan pada pembelajaran berbasis masalah, dengan empat keterampilan utama yang perlu dimiliki oleh siswa yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA SDN 1 Gesikan Kebumen Tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur dari soal HOTS pada siklus I = 70,58%, siklus II = 82,35%, siklus III = 85,35%. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diukur melalui pembuatan peta konsep pada siklus I = 52,94%, siklus II = 76,47%, dan siklus III = 82,35%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBLdapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.

 

 

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Critical Thinking, Creative Thinking

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.