Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri Geger Tahun Ajaran 2022/2023

Eliya Dwi Rahmasari, Wahyudi Wahyudi, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model PBL dengan media konkret untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentang bangun ruang, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentang bangun ruang melalui penerapan model PBL dengan media konkret. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Geger. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. (1) Langkah penerapan model PBL dengan media konkret: (a) orientasi masalah dengan media konkret, (b) mengorganisasi siswa untuk belajar dengan media konkret, (c) membimbing penyelidikan siswa dengan media konkret, (d) menyajikan hasil kerja atau dikusi dengan media konkret, (e) menganalisis serta mengevaluasi proses dengan media konkret. (2) hasil tes berpikir kritis siklus I=62,50%, siklus II=75,00%, siklus III=85,00%. Hasil observasi kemampuan berpikir kritis siklus I=65,80%, siklus II=74,86%, siklus III=85,61%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan media konkret dapat meingkatkan kemampuan berpikir kritis tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Geger tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), concrete media, critical thinking skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.