Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SDN 2 Kalibagor Tahun Ajaran 2022/2023

Dwi Indah Suryani, Wahyudi Wahyudi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Media Papan Pecahan, meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan subjek ialah guru dan siswa kelas III SDN 2 Kalibagor. Data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang dilakukan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian langkah penerapan RME terhadap guru mengalami peningkatan dari siklus I= 83,18%, siklus II= 88,33%, dan siklus III= 94,35%, sedangkan terhadap siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan dari siklus I= 80,65%, siklus II= 85,68%, dan siklus III= 91,20%, Rata-rata persentase peningkatan hasil belajar kognitif matematika pada siklus I= 77,08%, siklus II= 89,58%, dan siklus III= 95,83%. Kendala yang dialami salah satunya siswa masih pasif. Solusi yang dapat dilakukan guru dapat menciptakan kelas yang aktif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME dengan media papan pecahan dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Kalibagor tahun ajaran 2022/2023.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.