Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Materi Ibadah Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Klopogodo

Anang Ma'ruf, Renisa Al Afafa, Umi Hoeriyah, Siti Fatimah, Imam Subarkah

Abstract

Kurang konsentrasi adalah permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning untuk meningkatkan konsentrasi belajar materi ibadah siswa kelas I MI Muhammadiyah Klopogodo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I, sebanyak 73,8% siswa sudah berkonsentrasi mengikuti pembelajaran materi ibadah. Sedangkan pada siklus II, sebanyak 85,4% siswa sudah berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran materi ibadah. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran materi ibadah melalui implementasi model Project Based Learning.

Keywords

Model Project Based Learning, Konsentrasi Belajar, Materi Ibadah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.