Pengaruh Penerapan Modul Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Cinta Damai Siswa Sekolah Dasar

Syarifah Aini, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Halimatus Sa'diyah, Lili Fajrudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan modul cetak dan modul elektronik berbasis kearifan lokal untuk melihat indikator karakter Cinta Damai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 44 siswa kelas VA dan kelas VB di SD Negeri 2 Kota Serang. Dari analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Karakter cinta damai siswa dapat dilihat pada penerapan modul elektronik dan modul cetak. Dari kedua bahan ajar tersebut, karakter cinta damai siswa dengan penerapan E-Module dominan pada kategori sangat baik, sedangkan karakter cinta damai siswa dengan penerapan modul cetak dominan baik.

Keywords

Karakter siswa sekolah dasar, Kearifan lokal, Karakter cinta damai

Full Text:

PDF

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–127. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Ardiatyas, P., & Aditya Rigianti, H. (2022). Pentingnya Upaya Menerapkan Pendidikan Karakter Cinta Damai pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Budaya, 72(6), 57–58.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157–170. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.17068

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications. SAGE Publications. https://doi.org/10.1093/nq/s4-I.25.577-c

Efendi, M., & Ambarita, A. (2021). Improving Students’ Creativity through Development of Teaching Material Lampung Local Wisdom Search, Draw, and Make-Based. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 3(1), 35–43.

Ginting, A. D., & Hasan, M. (2022). Developing An Electronic Module Based on Local Wisdom in Dokan Village to Optimize the Character Education. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3838–3843. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.947

Hunaepi, Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo. (2019). The development of textbook ecology based on local wisdom to improve scientific attitude of graduate students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 16–21.

Mulyani, M., & Sumaryati, S. (2019). Upaya peningkatan karakter cinta damai peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 57. https://doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.17990

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475

Putriani, I., & Wahyuni, E. D. (2019). Gaining Students’ Literacy through Local Wisdom of Blitar: Implementing of Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 265–284. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.611

Rahma, L., & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan Instrumen Karakter Cinta Damai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 402.

Ridho, S., Wardani, S., & Saptono, S. (2021). Development of Local Wisdom Digital Books to Improve Critical Thinking Skills through Problem Based Learning. Journal of Innovative Science Education, 9(3), 1–7. https://doi.org/10.15294/jise.v9i1.37041

Subali, B., Sopyan, a, & Ellianawati. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Karakter Positif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.3998

Wahyurini, O. D., & Babuta, Y. Y. I. (2014). Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi Dan Cinta Damai untuk Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Sains Dan Seni POMITS, 3(1), 1–5.

Wastuti, I. B., Febrianto, P. T., & Hanik, U. (2021). Development of Advisor Textbook Based on Rokat Tase’ Local Wisdom for Class Iv Elementary School. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 92–103. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/13638

Wicaksana, Y. D., Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2020). The Use of Critical Thinking Aspects on Module to Enhance Students ’ Academic Achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 303–314. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2020.13221a

Wijayanti, D. a. I., Margunayasa, I. G., & Arnyana, I. B. P. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berkearifan Lokal Kelas V Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 141–152.

Yanti, F. A., Sukarelawan, M. I., Thohir, M. A., & Perdana, R. (2022). Development of Scientific Learning Model Based on Local Wisdom of “Piil Pesenggiri” to Improve Process Skills and Character Values of Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 499–506. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.