Implikasi Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Media Pembelajaran IPA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implikasi keterampilan berpikir kreatif mahasiswa PGSD pada pembelajaran IPA. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa PGSD sebanyak 32 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penerapan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui proyek kelompok. Setiap kelompok dapat mengembangkan media pembelajaran IPA. Pengembangan media pembelajaran berdasarkan indikator keterampilan berfikir kreatif dan hasil wawancara. Penelitian ini menghasilkan: 1) media pembelajaran hasil penerapan keterampilan berfikir kreatif dengan variasi media sehingga menjadi lebih menarik dan menyenangkan; (2) pengembangan media pembelajaran IPA merupakan salah satu solusi untuk membantu peserta didik menjadi lebih mudah belajar dalam permainan yang menyenangkan; (3) keterampilan kreativitas mahasiswa tergolong tinggi dalam mengembangkan media pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.