Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah dan Atas Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola pada Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Aza Pratama

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Hasil analisis data pada siklus I dan II diperoleh hasil belajar : (1) aspek kognitif tuntas 32 siswa (100%); (2) aspek psikomotor pada siklus I berjumlah 9 siswa (28%) dan dan siklus II berjumlah 27 siswa (84%) mencapai kriteria tuntas pada permainan bola voli bump pass; (3) aspek psikomotorik pada siklus I berjumlah 6 siswa (18%) dan siklus II berjumlah 26 siswa (82%) mencapai ketuntasan dalam set pass; (4) aspek afektif siklus I sebanyak 2 siswa (6%) dan siklus II sebanyak 4 siswa (12%) mendapat kategori sangat baik (A), siklus I sebanyak 29 siswa (91%) dan siklus II sebanyak 28 siswa (88%) mendapat kategori baik (B), siklus I sebanyak 1 siswa (3%) dan siklus II sebanyak 0 siswa (0%) mendapat kategori cukup (C). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bola modifikasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bump pass dan set pass siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords

hasil belajar, passing bawah, passing atas, modifikasi bola

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.