Pendampingan Penyusunan Bestpractice Untuk Guru Sekolah Dasar

Achmad Basari Eko Wahyudi, Dewi Indrapangastuti, Murwani Dewi Wijayanti, Wahyono Wahyono

Abstract

Di kecamatan Mirit masih dijumpai guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan praktik terbaik pembelajaran, sehingga diperlukan upaya untuk menumbuhkan sikap dan ketrampilan menulis untuk guru. Untuk keperluan tersebut, tim pelaksana melakukan kegiatan PKM yang bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bestpractice yang disusun oleh guru-guru SD di Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen, dan respon peserta sebagai khalayak sasaran adalah 33 orang kepala sekolah dan guru SD. Materi tentang konsep bestpractice disampaikan dengan setting lecture dan whole class discussion, kemudian dilanjutkan dengan workshop penyusunan bestpractice. Secara umum peserta merespon positif karena 33 peserta (100%) menyatakan bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat, meskipun waktunya terlalu singkat.

Keywords

mentoring, bestpractice, elementary school teacher

Full Text:

PDF

References

Handayani, S.L., & Rukmana, D (2020). Peningkatan Kemampuan menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi pendidikan, 10 (1), 8-13. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752 Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. (2016). Pedoman Kegiatan pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Pembelajar. Direktorat jenderal Guru dan Tenaga kependidikan. Sumarsono, A., & Syamsudin. (2019). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan kelas melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan pendampingan Bagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur di kabupaten merauke. Sarwahita, 16 (02), 146-155. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.06 Suryadi. 2017. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa. Susetyo, S., Basuki, R., Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28-34. https:// doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang-undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen, Pemerintah Indonesia 1 (2005). Ulum, M.N. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMK Muhammadiyah 1 Blora. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 8(1), 82-106. Wibowo, S., Yogyakarta, U.N., & Widiastuti, A. (2019). Evaluasi Praktek Pendampingan Bestpractice untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS SMP di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 1 (1). Yansyah, Y., Nadia, H., & Murtiningsih, T. (2020). Pelatihan Desain Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Barito Kuala. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 63-70.https://doi.org/10.31537/dedication.v4i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.