Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SD Negeri Winong Tahun Ajaran 2021/2022

Nur Hidayati Khabibah, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS (2) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, (3) mendeskripsikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal IPA berbasis HOTS pada materi gaya dan gerak di kelas IV SDN Winong tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek kelas 4 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan persentase kemampuan menganalisis sebesar 68,7%, kemampuan mengevaluasi sebesar 68,3%, dan kemampuan mengkreasi sebesar 63,3%. Kesulitan siswa yaitu: siswa jarang mengerjakan soal HOTS, sukar berpendapat dengan bahasanya sendiri, kurangnya pemahaman materi, dan jadwal belajar tidak teratur. Alternatif solusi siswa untuk menigkatkan kemampuannya yaitu berlatih soal berbasis HOTS, berlatih berpendapat dengan bahasanya sendiri, mengulang materi, dan belajar secara teratur dan guru yaitu melakukan pembelajaran berbasis HOTS, melatih siswa berpendapat dengan bahasa sendiri, menerapkan model pembelajaran yang merangsang siswa berpikir kritis.

Kata kunci: kemampuan, HOTS, gaya dan gerak

Keywords

kemampuan, HOTS, gaya dan gerak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.