Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022

Anggi Setiyaningsih, Wahyudi Wahyudi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V melalui penerapan pendekatan STEAM. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita dengan pendekatan STEAM, persentase hasil penilaian keterampilan proses siklus I= 85,76%, siklus II= 88,40%, dan siklus III= 89,30%. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa siklus I= 86,36%, siklus II 90,91%, dan siklus III= 95,45%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEAM dapat meningkatkan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

STEAM, pembelajaran IPA, kelas V

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.